Tenaga Teknis Kefarmasian

Minggu, 07 Desember 2014

Akibat Darah Terlalu Kental


Tahukah anda? Akibat darah terlalu kental, aliran darah ke seluruh tubuh menjadi tidak lancar. Pasokan oksigen ke sel-sel tubuh pun terhambat. Migrain adalah salah satu gejala karena pasokan oksigen ke otak tersendat. Tidak banyak orang yang tahu atau waspada tentang efek berbahaya dari sindrom darah kental ini. Padahal, sudah banyak korban gagal ginjalstroke dan serangan jantung akibat darah kental.
Penyebab
Darah jadi kental karena kekurangan cairan darah atau trombosit (zat yang berperan dalam pembekuan darah) sehingga mudah lekat satu sama lain. Bila seseorang memiliki kolesterol tinggi atau punya kebiasaan merokok, darah yang sudah kental semakin susah mengalir. Kolesterol yang menempel di dinding pembuluh darah membuat penampang pembuluh darah menyempit. Adapun asap rokok akan merusak lapisan dinding pembuluh darah bagian dalam (endotel). Endotel ini turut mengaktifkan sistem pembekuan darah. Apabila endotel rusak, trombosit akan mudah melekat satu sama lain. Hambatan-hambatan dalam pembuluh darah ini dikenal sebagai trombosis. Trombosis bisa terjadi di seluruh pembuluh darah. Karena itu, dampaknya tergantung dari bagian pembuluh darah yang terhambat. Jika trombosis terjadi di pembuluh otak, akan terjadi stroke. Sementara itu, pada pembuluh jantung akan menyebabkan serangan jantung. Tidak hanya itu, organ ginjal menjadi bekerja ekstra keras untuk menyaring darah kental tadi. Karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal sehingga mengakibatkan air seni Anda berwarna kemerahan. Dan bila hal ini dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan Anda untuk mengeluarkan biaya mingguan untuk CUCI DARAH karena ginjal Anda rusak.
Menurut Dr. Aru W Sudoyo, spesialis hematologi-onkologi (konsultan) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang biasa berpraktik di klinik hematologi RSCM & Medistra, pemicu pengentalan darah bisa dari gaya hidup yang tidak sehat dan stress tinggi. Ada juga dari faktor genetis alias keturunan, tapi ini jarang sekali terjadi. Dan hampir setiap hari selalu ada pasien baru yang didiagnosis darah kental di sana. Pasien biasanya datang dengan keluhan pusing, migrain, pandangan berputar (vertigo), telinga berdenging (terkadang tuli mendadak), serta penglihatan terganggu.

Makanan yang Meningkatkan Aliran Darah

Sirkulasi darah yang buruk dapat menyebabkan banyak komplikasi kesehatan dalam tubuh. Jika situasi ini tidak segera diobati, berkembang menjadi gangguan yang serius dan hasilnya bisa sangat berbahaya. Latihan yang tepat adalah salah satu cara pasti untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Selain itu, ada makanan tertentu yang meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Bawang merah dan bawang putih
Meskipun tidak disukai oleh banyak orang karena bau busuk, bawang putih dan bawang merah dapat membantu mencegah plak di dinding arteri dan juga membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kedua makanan ini pemurni darah alami dan antibiotik alami. Mereka juga memainkan peran yang sangat penting dalam memerangi infeksi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh keseluruhan.

Coklat
Tidak hanya enak, coklat hitam adalah salah satu makanan paling bergizi di planet ini. Setelah bertahun-tahun percobaan dan penelitian, dokter di seluruh dunia setuju bahwa dark chocolate mengandung flavonoid. Flavonoid, ketika dikonsumsi, meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan membawa turun kolesterol tinggi dan tingkat tekanan darah seseorang. Mereka membantu dalam mengurangi stres dengan melepaskan phenylethylamine dan serotonin, juga dikenal sebagai 'Merasa Chemicals Baik' bagi tubuh.

Buah jeruk
Buah jeruk banyak mengandung vitamin C dan bertindak sebagai pengencer darah alami (pengencer darah mengurangi pembekuan dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah yang sehat). Banyak publikasi medis terkemuka menyatakan bahwa makanan sarat dengan vitamin C mengurangi masalah darah dan bertindak sebagai antioksidan kuat dengan menghilangkan racun dari tubuh. Buah-buahan seperti jeruk, jeruk keprok, jeruk, kiwi, stroberi harus menjadi bagian penting dari diet sehari-hari.

Cabai
Cabai Mengkonsumsi berkontribusi terhadap respon fisiologis positif dalam tubuh kita. The capsaicin yang mengandung bertindak penyembuh sakit yang baik. Cabai memicu aliran darah dan juga mengisi pikiran dengan suasana hati meningkatkan endorfin yang baik untuk orang yang menderita kesulitan seksual.

Minyak Zaitun
Minyak zaitun merupakan cairan alami lain yang memiliki manfaat kesehatan yang tak terhitung banyaknya. Tidak hanya minyak zaitun kaya akan vitamin A, E, D dan K, juga membantu dalam mengurangi kadar kolesterol, meningkatkan nafsu makan, meningkatkan kepadatan tulang, dan membantu pencernaan yang sehat. Minyak zaitun juga sarat dengan antioksidan fenolik yang mengurangi risiko penyakit jantung dan dengan demikian meningkatkan aliran darah yang sehat.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian
Orang yang mengonsumsi segenggam kacang dan biji kering setiap hari akan selalu memiliki kulit bersinar dan rambut lezat. Kedua makanan ini kaya akan niasin, vitamin B3, asam lemak omega 3, mereka membantu dalam aliran darah yang sehat dan juga menjaga jantung aman dari gangguan kardiovaskular. Ini membantu pembuluh darah membesar yang lagi membantu dalam aliran darah yang sehat.

Orang tidak harus hidup dengan sirkulasi darah yang tidak sehat sepanjang hidup mereka. Mereka dapat mengambil masalah ke tangan mereka sendiri dan mencegahnya dengan makan makanan sehat dan melakukan olahraga secara teratur.

BUAH_BUAHAN

Konsumsi buah-buahan segar yang banyak mengandung sumber vitamin K, E, dan C serta enzim bromelain seperti buah nanas, pisang, kiwi, jeruk sunksit dan jenis buah lainnya.

            Konsumsi cuka apel. Cuka apel juga dapat dijadikan sebagai makanan yang dapat mengencerkan darah, karena dalam cuka apel terdapat kandung kalium yang mampu mengurai atau menghancurkan lemak dan protein dalam darah, sehingga darah tak mengalami pembekuan ataupenggumpalan.

Cuka apel juga dapat menekan produksi dari hormon angiostensin II yang dapat mengakibatkan terjadinya penyumbatan pada arteri. Untuk dapat menikmati cuka apel, dapat diaplikasikan pada beberapa jenis menu masakan harian cukup dengan 1 sendok makan dalam tiap menu makanan tiap hari misalnya dalam kuah sayur.


0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Pria Punya Selera

Kagol Asmoro

Megat dadakan dikirane mergo nduwe selingkuhan, nek direncanakan engko dianggep ra tenanan. Makane sebelum jadian ki sinauo pegatan

Blog Archive