Tenaga Teknis Kefarmasian

Selasa, 14 Oktober 2014

CATETHERS




Catether adalah sebuah pipa yang kosong yang terbat dari logam, gelas, karet, plastic yang cara penggunaannya adalah untuk dimasukkan ke dalam rongga tubuh melalui saluran.
1.    IV Catether
Adalah catether yang dimasukkan ke dalam pembuluh vena.Kegunaannya berlaku sebagai vena tambahan (perpanjangan vena) untuk pengobatan IV jangka lama yang lebih dari 48 jam. Pembedahan dengan wing needle bila digunakan lebih dari 48 jam akan menimbulkan thrombosis, karena wing needle terbuat dari logam.
2.    Non IV Catether
a.    Nelaton Catether
Adalah catether yang digunakan untuk buang air kecil.
b.    Ballon Catether/Foley Catether
Digunakan untuk pengambilan urine dalam sistem tertutup, bebas dari udara dan polusi sekitarnya.Biasanya dihubungkan dengan suatu urinometer dan suatu urine bag untuk keperluan pemeriksaan klinis. 
c.    Kondom Catether
Digunakan untuk menghubungkan penis dengan urine bag melalui ujung tubenya, terutama pada pasien yang suka buang air kecil dengan tidak sadar.
d.   Feeding Tube
Digunakan untuk memasukkan cairan makanan melalui mulut/hidung.
e.    Rectal Tube
Digunakan untuk mengeluarkan gas-gas dari usus, untuk membersihkan rectum.Biasanya ujung yang satu dimasukkan dalam anus dan ujung yang dahulu dihubungkan dengan spuit glyserin.
f.     Stomach Tube/Maag Slang/Maag Sonde
Digunakan untuk mengumpulkan getah lambung, untuk membilas/mencuci isi perut, untuk pemberian obat-obatan.
g.    Suction Catether/Mucus Extractor
Digunakan untuk menyedot lender dari trachea bayi yang baru lahir, untukmenyedot cairan amnionik.

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Pria Punya Selera

Kagol Asmoro

Megat dadakan dikirane mergo nduwe selingkuhan, nek direncanakan engko dianggep ra tenanan. Makane sebelum jadian ki sinauo pegatan

Blog Archive